Cara Memperbaiki Memory Card Yang Tidak Terbaca

Memory merupakan benda yang sangat kecil namun sangat penting bagi para pengguna gadget ataupun ponsel. Karena dengan adanya memori anda dapat menyimpan data sebanyak-banyaknya di dalam memory tersebut dan tentunya data yang di simpan didalam memori memiliki batas tertentu sesuai dengan kuran memory yang dimiliki. Walapun pada saat ini juga ada gadget yang memliki memory internal yang sangat besar kapasitasnya, namun apa salahnya untuk memakai memory eksternal juga, jadikan file yang dapat anda simpan di gadget atau ponsel anda lebih banyak.



Pada saat menggunakan memory mungkin anda pernah mengalami hal seperti ini, ketika kartu memori atau memory card di pasang pada slot memori hp atau gadget anda namun memorinya tidak terbaca, ataupun mau terbaca tapi tidak mau di buka. Untuk mengatasi hal ini saya akan memberi tips, agar memory tersebut mau terbaca lagi


Cara Memperbaiki Memory Card Yang Tidak Terbaca



Tips Yang pertama

Jika memory anda tidak terbaca yang anda harus lakukan adalah


  1. Keluarkan memory card dari gadget anda, jangan lupa untuk mematikan gadget atau ponsel anda terlebih dahulu. Takutnya kalau nggak dimatikan terlebih dahulu, nanti gadgetnya rusak lagi, udah memory rusak gadget juga ikut-ikutan rusak.

  2. Bersihkan lempengan tembaga yang berwarna kuning keemasan dengan penghapus pensil yang berwarna putih, bersihkan secara perlahan dengan perasaanlah kalau bisa, sampai bersih dari bebbagai kotoran.

  3. Setelah langka no 1 dan 2 di lakukan coba pasang lagi memory pada slot memory di gadget anda, kalau cara ini berhasil jangan lupa ucapkan Alhamdulillah, namun kalau nggak berhasil, lanjut lagi kelangkah yang selanjutnya.




Tips Yang Kedua

Jika tips yang pertama belum berhasil, saatnya anda lakukan tips yang kedua ini

1. Coba memory nya anda sambungkan ke komputer

2. Jika memory terbaca, lakukan langkah selanjutnya

3. Buat sebua foder di hardisk laptop atau komputer anda

4. Copy semua file yang ada di memory ke folder yang baru saja anda buat

5. Selesai proses copy, format memory tersebut

6. Kemudian copy lagi file yang ada di folder tadi  kedalam memory

7. Silahkan anda coba pasangkan memory ke dalam slot memory gadget anda



Jika memory terbaca berarti anda masih beruntung dan jangan lupa ucapkan Alhamdulillah. Namun jika tidak terbaca, sangat terpaksa saya sarankan agar anda membeli memory yang baru.

Saran dari saya jangan mengisi memory dengan banyak file, sehingga membuat memory terlalu penuh, karena hal ini merupakan salah satu penyebab memory menjadi rusak.

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan