Tips Memilih Modem Yang Bagus

Sekarang internet sangat diperlukan oleh sebagian besar orang, mulai dari pelajar, pegawai kantor sampai ibu rumah tangga yang melakukan bisnis online. Kalau saya sendiri memang sangat butuh dengan namanya internet ini. Karena internet ini salah satu fasilitas yang membatu saya dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan di sekolah.



Untuk terkoneksi dengan internet kita membutuhkan sebuah perangkat yang sering di sebut dengan modem. Kenapa namanya modem ya ?. Oh... ternyata kata modem itu singkatan dari Modulator Demodulator. Modem memiliki ukuran kecil dan dapat di simpan di saku, sehingga dapat dibawa kemana-mana dengan mudah, namun anda harus menjaga modem yang anda miliki dengan baik, karena ukurannya yang kecil ini dapat juga menyebabkan modem sulit terlihat dan kadang-kadang bisa terselip di balik benda-benda lain.



Untuk anda yang mau membeli modem sebaiknya baca dulu artikel saya yang ini, karena artikel ini sangat bermanfaat bagi anda untuk memilih modem mana yang sesuai dengan keperluan anda dan agar anda tidak menyesal pada akhirnya memilih modem yang salah.


Tips Memilih Modem Yang Bagus



Berikut Tips Memilih Modem



1. Pilihlah modem yang support MDMA

MDMA adalah kepanjangan dari Mobile Data Monitoring Aplication, sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengganti aplikasi bawaan modem. Pokonya anda tidak akan menyesal jika sudah membeli modem yang support mdma, karena jika anda ingin memakai internet gratis seperti SSH, anda di wajibkan untuk memiliki modem yang support mdma/mmd. Biasanya modem yang support mdma adalah modem dengan merek Huawei, namun ada juga modem huawei yang tidak support mdma



2. Pilih Modem Yang Sesuai Dengan Operator Daerah Anda

Ada dua jenis modem yaitu GSM dan CDMA, anda tentukan operator yang mana yang koneksinya sangat baik di daerah anda, jika operator dari GSM yang koneksinya bagus, maka modem yang anda pilih adalah modem GSM.



3. Merk Modem

Untuk merek modem, itu sesuai denga keinginan masing-masing orang, namun saran saya gunakan saja merek modem yang sudah banyak di pakai orang lain. Jangan mencoba memilih modem dengan merek yang belum anda ketahui, jangan mengambil tidakan sembarangan nanti anda juga yang akan rugi.



4. Pilih Modem USB Dengan Jaringan Yang Kuat

Di zaman sekarang ini banyak operator yang berlomba-lomba untuk meningkatkan layanan internet dengan kecepatan tinggi. Contohnya saja mereka belomba-lomba dalam meningkatkan jaringan sinyal koneksi seperti  GPRS, 3 G, 3.5 G bahkan sampai 4 G. Namun, sangat disayangkan tidak semua modem support dengan  kecepatan yang sudah saya paparkan tadi. jadi sebaiknya anda browsing di intenet lagi untuk mencari modem yang suppot dengan kecepata-kecepatan tersebut.



5. Gunakan Modem Yang Sesuai Dengan Sistem Operasi

Kalu anda menggunakan Sistem Operasi Windows, akan mudah dalam mencari modem, karena di pasaran banyak tersdia modem yang support untuk Sistem Operasi buatam microsoft ini. Namun, kalau yang menggunakan sistem operasi seperti Mac OS X atau Linux sebaiknya anda cari jenis modem yang sesuia dengan Sistem Operasi tersebut, karena tidak semua jenis modem support dengan sistem operasi Seperti Mac OS X dan Linux.



6. Pilih Modem Dengan Installasi Mudah

Pada zaman sekarang ini menurut saya hampir semua modem dapat di instal dengan mudah.



7. Pilih Modem Yang Bisa Mendukung Berbagai Operator

Karena ada juga modem yang hanya bisa di gunakan ketika menggunakan operator tertentu, sehingga kita tidak akan bisa berganti ke operator yang lain.



8. Pilih Modem Yang Tahan Panas

Ini salah satu yang perlu di perhatikan ketika ingin membeli modem, apalagi untuk para penjual online, yang harus aktif setiap saat dengan jaringan internet.



Baca dengan benar, tips yang saya berikan ini dan baca juga tips-tips yang ada pada web lainya, agar anda tidak menyesal ketika telah membeli modem yang salah nantinya. Mungkin hanya ini yang saya dapat bagikan semoga bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan