Pengertian Dan Penggolongan Karbohidrat

Karbohidrat merupakan contoh polimer alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, dengan rumus molekul Cn(H2O)n dan terdiri atas unsur C, H, dan O. Istilah karbohidrat ini diambil dari kata karbo dan hidrat (air). Karbohidrat juga dikenal dengan nama lain yaitu sakarida (Saccharum = gula).



Dalam kehidupan sehari-hari senyawa karbohidrat dapat kita temukan pada tumbuh-tumbuhan dan makanan misalnya, pada gula, buah-buahan, gula tebu , beras, air susu, janggung, ubi jalar, gandum singkong dan kentang.


Pengertian Dan Penggolongan Karbohidrat



Penggolongan Karbohidrat




Karbohidrat juga terdiri dari beberapa golongan. Berdasarkan jumlah sakarida yang dikandungnya, karbohidrat dapat golongkan menjadi monosakarida, disakarida dan polisakarida. Makanan yang termasuk dalam golongan monosakarida yaitu gula pasir dan buah-buahan, yang termasuk dalam disakarida adalah gula tebu dan air susu sedangkan yang termasuk kedalam golongan polisakarida adalah beras, gandum, ubi jalar, singkong, dan kentang.



Nah, bagaimanakah cara menggolongkan makanan-makanan tersebut? untuk menggolongkan makanan mana saja yang termasuk dalam monosakarida, disakarida dan polisakarida, tentunya kita harus paham dulu mengenai monosakarida, disakarida dan polisakarida. Agar lebih paham tentang monosakarida, disakarida dan polisakarida. Berikut penjelasan mengenai penggolongan karbohidat secara lebih rincinya lagi.



1. Monosakarida

Monosakarida merupakan karbohidrat paling sederhana yang tidak dapat diuraikan atau dihidrolisis menjadi kabohidrat lain. Glukosa, galaktosa dan fruktosa merupakan monosakarida penting. Glukosa banyak di temukan pada gula merah dan buah anggur, galaktosa banyak terdapat pada air susu, sedangkan fruktosa banyak terkandung pada buah-buahan.



Sifat-sifat monosakarida


  1. Mempunyai rasa manis

  2. Larut dalam air, namun tidak terhidrolisis

  3. Bersifat optis aktif

  4. Semua monosakarida adalah reduktor sehingga disebut juga gula pereduksi


2. Disakarida

Disakarida adalah karbohidrat yang terbentuk karena adanya dua reaksi monosakarida, Sakarosa, laktosa dan maltosa merupakan bagian penting dari disakarida. berikut penjelasan mengenai sakarosa, latosa dan maltosa :


  1. Sakarosa (Sukrosa = gula tebu), gula tebu merupakan karbohidrat yang termasuk dalam golongan disakarida karena terbentuk dari dua reaksi molekul monosakarida yaitu glukosa (gula) dan fruktosa (tebu)

  2. Laktosa (gula gandum), termasuk dalam golongan disakarida, bagian laktosa karena terbentuk dari reaksi dua molekul monosakarida yaitu glukosa (gula) dan galaktosa (gandum)

  3. Maltosa (gula gandum), terbentuk dari reaksi dua molekul glukosa




Sifat-sifat disakarida adalah sebagai berikut


  1. Memiliki rasa manis

  2. Larut dalam air

  3. Dapat terhidrolisis menjadi dua monosakarida sejenis maupun berbeda jenis

  4. Termasuk gula pereduksi yaitu laktosa dan maltosa karena dapat mereduksi larutan benedict



Untuk lebih lengkapnya dapat anda pahami di ulasan Pengertian dan Pembagian Disakarida Secara Ilmiah




3. Polisakarida

Polisakarida merupakan polimer dari monosakarida. Polisakarida yang penting adalah selulosa, amilum (pati) dan glikogen. Amilum dapat ditemukan dalam semua tumbuh tumbuhan yang tersimpan dalam biji dan umbi.



Senyawa pada polisakarida tidak berasa manis, dan tidak dapat larut dalam air, walaupun amilum dapat membentuk sistem dispersi koloid. Polimer dari glukosa yang terdapat dalam tumbuhan disebut dengan amilum, sedangkan yang terdapat dalam tubuh manusia dan hewan polimer dari glukosa disebut dengan glikogen.

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan

    Contoh Surat Lamaran Kerja




    Contoh Surat Lamaran Kerja



    Contoh Surat Lamaran Kerja  - Sebelum saya memberikan contoh dari surat lamaran pekerjaan, akan lebih baik jika saya membahas pengertian dan bagi-bagian dari surat lamaran kerja terlebih dahulu. Surat Lamaran Pekerjaan adalah sebuah surat yang ditulis dan dikirim seseorang dengan tujuan ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan atau kantor. Surat lamaran kerja bisa juga ditulis tangan atau diketik, sesuai keinginan perusahaan tempat melamar pekerjaan.



    Secara umum, surat lamaran pekerjaan dibedakan menjadi tiga yaitu surat lamaran yang dikirim langsung ke perusahaan (tanpa harus tahu ada lowongan perkerjaan atau tidak), surat lamaran karena ada iklan lowongan kerja, surat lamaran melalui kantor penempatan tenaga kerja.



    Ada dua unsur penting yang harus dibawa pelamar saat ingin melamar pekerjaan, yaitu surat lamaran pekerjaan dan riwayat hidup. Biasanya daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) ini memiliki peranan yang sangat penting dalam melamar pekerjaan.



    Jika anda ingin membuat surat lamaran pekerjaan, tentunya anda harus mengetahui apa saja bagian-bagian yang harus ada pada surat lamaran pekerjaan. Berikut bagian-bagian dari surat lamaran pekerjaan


    1. Tempat dan tanggal surat ditulis

    2. Perihal

    3. Perusahaan dan alamat perusahaan yang dituju

    4. Salam pembuka

    5. Pembuka surat

    6. Tujuan dari surat lamaran kerja

    7. Identitas pelamar

    8. Penutup surat

    9. Tanda tangan dan nama jelas pelamar




    Hal yang harus dipatuhi ketikan menulis surat lamaran kerja


    1. Jika ditulis menggunakan tangan, tulislah dengan tangan anda sendiri dengan menggunakan kertas bergaris dan berkualitas baik

    2. Jika diketik, gunakan kertas HVS dengan jarak spasi yang telah ditentukan oleh perusahaan kalau tidak ditentukan. Bisa diberi jarak pengetikan 1 spasi

    3. Bersih, tidak boleh ada bekas coretan, atau bekas dihapus

    4.  Sifatnya optimistik, maksudnya pelamar akan mampu bekerja dengan baik

    5. Gunakan sapaan yang biasa digunakan dalam surat seperti “Ibu” dan “Bapak” dan tidak disarankan menyapa dengan kata “Saudara” atau “Anda”




    Selain ketentuan diatas, bahasa dalam surat lamaran kerja juga memiliki aturan-aturan yang harus dipatuh. Berikut aturran-aturannya


    1. Bahasa yang digunakan didalam surat lamaran kerja harus sopan dan simpatik

    2. Kalimat yang digunakan harus efektif dan komunikatif

    3. Harus menggunakan bahasa yang baku dan ejaan yang tepat





     Kuala Tungkal, 25 Oktober 2010


    Hal : Lampiran pekerjaan

    Yth : Bapak/ Ibu pimpinan PT. Angkasa Jaya

    Jl. Panglima, Kelurahan Tungkal III



           Dengan Hormat,

           Sehubung iklan Bapak/Ibu yang dimuat di harian angkasa pada tanggal 23 Oktober 2014 mengenai kebutuhan tenaga kerja baru, dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Adapun Keterangan mengenai diri saya sebagai berikut



           Nama                         : Siti Aminah              

           Tempat, tanggal lahir : Kuala Tungkal, 14 Juli 1997

           Jenis kelamin             : Perempuan

           Alamat                       : Jl. Panglima H. Saman

           Telpon                        : 087793461072

           Pendidikan                 :  SMK Jurusan Multimedia



    Saya yakin mampu melaksanakan pekerjaan yang Bapak/Ibu percayakan kepada saya dengan baik. Jika Bapak/Ibu menghendaki, saya bersedia untuk dites dan di wawancarai menurut waktu dan panggilan Bapak/Ibu. Besar harapan saya Bapak/Ibu mempertimbangkan lamaran ini. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya mengucapkan terimakasih.




                                                                                                                                   Hormat saya,   





                                                                                                                                    Siti Aminah





    Lampiran


    1. Daftar riwayat hidup

    2. Foto copy Izajah SMK

    3. Foto copy sertifikat PKL

    4. Surat Keterangan Kelakukan Baik (SKKB) dari POLRI

    5. Surat kesehatan dari dokter

    6. Pasfoto terbaru ukuran 4 x 6 cm sebanyak dua lembar







    Nah, itulah Contoh Surat Lamaran Kerja , jika anda ingin membuat Surat Lamaran Kerja dan berminat dengan Contoh Surat Lamaran Kerja ini anda hanya perlu mengubah sedikit saja.

    ARTIKEL TERBARU:

    ARTIKEL LAINYA:

      Direkomendasikan