Penyebab Smartphone Cepat Panas

Mungkin anda pernah atau sering merasakan smartphone anda terasa panas, anda merasa tidak pernah melakukan yang salah tapi tetap saja smartphone anda terasa panas. Memang terkadang kebiasaan yang kita lakukan yang membuat smartphone panas tersebut tidak kita sadari.



Smartphone yang panas dapat membuat kita tidak nyaman dalam menggunakan smartphone, bahkan panasnya smartphone tersebut juga dapat merusak komponen-komponen didalamnya.




Penyebab Smartphone Cepat Panas



Untuk menghindari terjadinya panas pada smartphone anda, sebaiknya anda baca beberapa penyebab yang dapat menyebabkan smartphone menjadi panas . Berikut Penyebab Smartphone Cepat Panas



1. Membuka Aplikasi Secara Bersamaan

Menjalankan dan membuka aplikasi secara bersamaan terus menerus merupakan salah satu faktor yang paling utama menyebabkan smartphone android anda menjadi panas. Misalnya anda bermain game sambil mendengarkan lagu. Panas pada smartphone ini ditimbulkan karena baterai yang tekuras secara berlebihan.



2. Aplikasi Yang Berjalan Tidak Di Tutup

Aplikasi yang masih berjalan atau tidak ditutup secara sempurna dapat mengakibatkan smartphone android anda menjadi panas. Biasanya aplikasi hanya ditutup dengan menekan tombol home saja dan tidak dikeluarkan denga benar. Walaupun aplikasi tadi tidak terlihat tapi masih berjalan dan juga akan menguras RAM sehingga menyebabkan smartphone anda menjadi panas.



3. Suhu Yang Panas

Suhu yang panas atau tinggi juga dapat menyebabkan smartphone menjadi panas, karena suhu didalam ruangan juga dapat mempengaruhi panasnya smartphone anda.



4. Sinyal Provider

Ketikan anda berada ditempat yang sinyal providernya lemah, maka smartphone anda akan berusaha untuk menangkap sinyal yang baik dan stabil. Pada proses pencarian yang lama inilah yang menyebabkan smartphone menjadi panas.



5. Lupa Mematikan Wifi atau Bluetooth

Lupa mematikan Wifi atau Bluetooth sama halnya seperti saat smartphone mencari sinyal provider. Karena pada saat Wifi menyala, Wifi akan berusaha mencari sinyal di sekitarnya sehingga menyebabkan smartphone menjadi panas dan selain itu lupa mematikan Wifi dan Bluetooth juga dapat membuat baterai smartphone cepat habis.



6. Baterai Yang Rusak

Batera yang rusak dan kurang bagus dapat menyebabkan smartphone anda menjadi panas bahkan dapat menyebabkan baterai tersebut menjadi meledak karena panas yang sudah melebihi batas. Agar mengurangi terjadinya kerusakan pada baterai, sebaiknya anda mengetahui juga tips bagaimana Cara Charge Baterai Smartphone Dengan Benar.



Itulah beberapa kegiatan yang dapat membuat smartphone anda menjadi panas, sebaiknya anda hindari hal-hal diatas.

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan

    Cara Charge Smartphone Dengan Benar

    Pada zaman sekarang ini, hampir semua orang dalam kegiatan apa saja membutuhkan yang namanya smartphone dan kebanyakan orang-orang tidak akan bisa berada jauh dari smartphone-nya. Sedangkan smartphone memiliki baterai yang tidak tahan lama. Sehingga anda diharuskan untuk melakukan charge pada smartphone anda.



    Saat men-charge smartphone sebaiknya anda bertimbangan tips ini, agar baterai smartphone anda tidak cepat rusak atau performa baterainya tidak cepat berkurang. Berikut Cara Charge Smartphone Dengan Benar




    Cara Charge Smartphone Dengan Benar



    1. Hindari Charge Berlebihan 

    Ini merupakan masalah yang serimg dilakukan para pengguna smartphone, yaitu sering men-charge smartphone nya secara berlebihan atau over charge. Kebanyakan orang suka men-charge smartphone nya pada malam hari sampai pagi, karena pada waktu itu smartphone tidak akan digunakan. Namun, dampak dari men-charge semalaman ini, bisa membuat baterai anda menjadi bocor dan mungkin bisa meledak.



    2. Jangan Pernah Menggunakan Baterai Habis Total 

    Jangan pernah menunggu baterai habis total baru di charge, karena hal ini tidak baik untuk kesehatan baterai anda. Sebaiknya charge baterai jika baterai hanya tinggal 10% - 30%. Tapi terkadang ada saatnya kita menguras habis baterai baru di charge hal ini bertujuan untuk kalibrasi baterai, namun hal ini dilakukan hanya sesekali tidak sering.



    3. Gunakan Charge Bawaan atau Original

    Dengan menggunakan charge yang KW dapat merusak baterai anda, karena charge yang tidak asli tersebut belum tentu menghasilkan tegangan yang sama dengan tegangan yang dihasilkan oleh charge asli, sehingga jika tegangan yang diterima tidak sesuai maka arus pengiriman daya tidak normal dan akibatnya dapat merusak bagian internal pada baterai tersebut.



    4. Hindari tempat yang bersuhu tinggi

    Jangan pernah meletakan smartphone yang di charge di tempat yang memiliki suhu yang tinggi atau panas dan terkena sinar matahari langsung. Hal ini karena baterai smartphone tidak didesain untuk taha terhadap suhu yang tinggi atau panas.



    Sehingga jika anda masih ingin men-charge di tempat yang panas, tanggung sendiri akibatnya jika baterai smartphone anda rusak.



    5. Charge langsung dari soket listrik

    Dengan men-charge langsung ke soket listrik akan membuat baterai terisi secara optimal, dibandingkan men-charge menggunakan usb yang di sambungkan ke komputer atau laptop.


    ARTIKEL TERBARU:

    ARTIKEL LAINYA:

      Direkomendasikan