Cara Mudah Reset Android Seperti Baru

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tips agar smartphone Android yang anda miliki kembali seperti baru lagi. Dengan menerapkan langkah ini, maka semua aplikasi dan pengaturan yang ada pada smartphone Android anda akan kembali seperti baru lagi.



Langkah tersebut biasanya disebut dengan Recovery Mode. Apakah anda tahu apa itu Recovery Mode?. Pada dasarnya Recovery Mode Android merupakan sebuah menu yang terdapat pada Android yang memiliki fungsi untuk recovery atau memperbaiki software yang rusak pada Android.



Hanya ada beberapa smartphone saja yang memiliki fitur recovery mode. Jadi untuk anda yang smartphone-nya tidak memiliki recovery mode, anda bisa menginstall recovery mode buatan pihak ketiga, contohnya ClockworkMod Recovery atau xRecovery.




Cara Mudah Reset Android Seperti Baru



Biasanya untuk melakukan factory reset dapat dilakukan melalui menu pengaturan (setting) => Privasi (Privacy) ==> Reset data pabrik (Factory data reset). Cara tersebut bisa anda lakukan jika smartphone anda dalam keadaan normal atau baik-baik saja.



Namun, bagaimana jika smatphone anda tidak mau masuk ke manu atau start. Untuk smartphone yang bermasalah karena tidak mau masuk ke menu anda bisa melakaukan factory reset dengan melalui recovery mode. Berikut langkah untuk merest Android melalui recoveri mode



1. Masuk ke Recovery Mode

Untuk masuk ke recovery mode anda harus mematikan smartphone, tekan dan tahan tombol Android secara bersamaan. Untuk masuk ke recovery mode kemungkinan beda-beda tombol yang akan ditekan untuk masing-masung Android. Jadi, saya sarankan untuk searching dulu, cari cara bagaimana masuk ke recovery mode dengan smartphone yang anda gunakan atau anda bisa mengecek di sini Cara Masuk Ke Recovery Mode Untuk Berbagai Merek Smartphone






Cara Mudah Reset Android Seperti Baru
Tampilan Recovery Mode



2. Kemudian pilih wipe data/factory reset. 

Untuk turun kebawah dan memilih wipe data/factory reset gunakan tombol volume kebawah. Setelaah terpilih wipe data/factory reset, lalu tekan tombol home untuk memulai proses. Tunggu proses selesai dan restart smartphone anda.



Selesai sudah postingan kali ini. Anda pun sudah berhasil mereset Android anda. Jika anda lupa password smartphone anda, untuk mengatasinya anda bisa masuk kerecovery mode dan pilih wipe data/factory reset

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan

    Cara Mereset Bios Motherboard Dengan Mudah

    Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tips yang sangat sederhana namun memiliki manfaat yang luar biasa. Tips yang saya akan bagikan disini yaitu Cara Mereset Bios Motherboard. Apa sih fungsinya dari reset Bios ini?, mungkin anda para pemula dan termasuk juga saya tidak tahu fungsi dari mereset bios waktu mendengar pertama kalinya.



    Apakah anda pernah mengalami hal semacam ini, yaitu komputer anda tidak bisa booting? Jika pernah disinilah letak fungsi dari mereset bios dengan mereset bios maka masalah dari tidak bisa booting pada komputer anda akan teratasi. Caranya cukup mudah anda hanya perlu meng-clear battery CMOS. Mungkin untuk sebagian orang tidak tahu tentang masalah pada komputer, sehingga jika terjadi masalah seperti ini, langsung saja membawa ke tempat service. Padahal masalahnya tidak terlalu rumit. Makanya saya sarankan jika terjadi masalah pada komputer anda searching aja di google.




    Cara Mereset Bios Motherboard Dengan Mudah



    Ok, langsung saja ke topik pembahasan, jika anda ingin mereset atau meng-clear Bios caranya seperti berikut



    1. Melepas dan Memasang Kembali Battery CMOS



    Dengan melepas batterry CMOS selama 15 menit lalu memasang kembali dapat membuat setting Bios (reset Bios) anda kembali seperti semula atau seperti default dari pabrik





    2. Dengan Menggunakan Jumper Motherboard Komputer Anda



    Untuk semua merek PC Dekstop pastinya memiliki Jumper CMOS dan Jumper ini biasanya letaknya berdekatan denga battery CMOS. Jumper CMOS ini terdapat tiga PIN dan jumper akan berhubungan dengan PIN yang letaknya dibagian tengah dengan salah satu PIN yang dibagian lain.



    Lalu yang perlu anda lakukan adalah lepaskan jumper, kemudian anda pasang PIN yang tengah ke PIN lain yang ketaknya berlawanan, misalnya pada awalnya PIN yang tengah berhubungan dengan yang sebelah kiri. Maka lepaskan jumper dan pasang jumper antara PIN yang letaknya diengan dengan PIN yang sebelah kanan. Tunggu sekitar beberapa menit, 8 menit cukuplah kira-kira. Setelah itu kembalikan lagi pada posisi semula.



    Selesai tips kali ini, semoga tips ini dapat membantu anda dan membuat anda tidak perlu mengeluarkan uang hanya untuk membayar si tukang service.

    ARTIKEL TERBARU:

    ARTIKEL LAINYA:

      Direkomendasikan

      Cara Ampuh Menghapus Virus !My Picture

      Virus !My Picture merupakan salah satu virus yang cukup terkenal dalam dunia komputer. Virus ini mudah sekali menginfeksi sebuah komputer dan sangat sulit untuk menghilangkannya. Jalan masuknya virus yang satu ini yaitu melalui flashdisk.



      Seperti cara kerja virus pada umumnya, virus ini juga dapat menghapus data pada media yang di infeksinya. Jadi, jika flashdisk anda sudah terinfeksi virus ini kemungkinan besar data-data yang ada didalam flashdisk tersebut akan hilang. Virus ini juga dapat mengubah ekstensi gambar Jpg. Sebelum virus ini juga menyerang ke komputer anda sebaiknya anda musnahkan saja. Jika sudah terlanjur menginfeksi flashdisk anda sebaiknya dihapus terlebih dahulu virus tersebut dari flashdisk kemudian baru anda gunakan lagi.




      Cara Ampuh Menghapus Virus !My Picture



      Berikut Cara Ampuh Menghapus Virus !My Picture


      1. Sediakan laptop yang tidak terinfeksi virus.

      2. Restart komputer yang akan anda gunakan untuk menghapus virus !My Picture. Pada saat restart tekan tombol f8 pada keyboard sampai muncul tulisan (repair windows, safe mode, start windows normally, dan lain-lain).

      3. Kemudian anda pilih safe mode dan tekan enter.

      4. Colokan flashdisk pada port usb

      5. Silahkan tunggu sampai tampilan dekstop komputer anda muncul. Buka windows eksplorer. Lalu klik drive flashdisk dan hapus data virus seperti menghapus data biasa


      Selesai, sampai disini flashdisk anda sudah terbebas dari yang namanya virus !My Picture dan flashdisknya siap digunakan kembali. Semoga cara ini membantu menghilangkan virus yang ada pada flashdisk anda. Jika tidak berhasil, dengan sangat terpaksa saya mengucapkan bahwa saya tidak dapat membantu lagi, karena saya tidak memiliki trik yang lain untuk menghapus virus !My Picture-nya. Kalau untuk menghapus virus yang lain saya berikan caranya Cara Ampuh Menghapus Virus Shortcut

      ARTIKEL TERBARU:

      ARTIKEL LAINYA:

        Direkomendasikan