Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector

Perangkat komputer yang rawan terjadi kerusakan salah satunya adalah hardisk, kebanyakan pengguna komputer mengalami kerusakan pada komputernya yang disebabkan oleh hardisk yang rusak. Sebenarnya dalam menjaga hardisk tidak sulit, namun terkadang para pengguna malas untuk menjaga perangkat yang satu ini.



Salah satu kerusakan pada hardisk yang paling sering dialami oleh banyak komputer adalah bad sector. Bad sector ini biasanya disebabkan oleh banyak faktor misalnya arus listrik yang tidak stabil, power supply yang bermasalah atau tidak bagus, komputer sering mati mendadak baik karena listrik mati atau karena di matikan dengan cara menekan pada tombol power.




Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector



Jika anda tidak ingin hardisk anda terkena bad sector sebaiknya anda hindari hal yang saya sebutkan di atas dan juga anda pertimbangkan hal yang akan saya tuliskan di bawah ini. Berikut tips Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector



1. Gunakan UPS

UPS ini berguna agar pada saat terjadi pemadaman listrik komputer tidak langsung mati, jadi anda masih memiliki waktu untuk men-shut down komputer dan usahakan ketika membeli UPS beli lah yang berkualitas, walaupun harganya agak mahal tapi dapat menjamin tahan lama-nya UPS saat digunakan.



2. Perhatikan Suhu Pada Casing

Hardisk sangat renta terhadap panas, jadi sebaiknya anda perhatikan suhu casing disekitar hardisk, jangan sampai suhunya terlalu panad san pastikan sirkulasi udara-nya baik disekitar hardisk



3. Minimalkan Listrik Statis

Mungkin anda pernah tersentrum saat menyentuh komputer. Untuk melakukan pencegahan agar tidak terulang lagi anda harus membuat ground kabel yang disambungkan pada paku yang sudah terpasang pada tanah atau tembok. Saat melakukan hal ini sebaiknya anda hati-hati dan pastikan komputer sudah benar-benar mati.



4. Hindari Goncangan yang Kuat

Goncangan juga dapat menyebabkan hardisk terkena bad sector, jadi usahakan anda meletakan komputer dan casing atau pun laptop ditempat yang aman, yang terhindar dari goncangan.



Mungkin sampai disini saja postingan kali ini.Semoga tips mengenai Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector yang sedikit ini dapat membantu anda.


ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan

    Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer Lemot

    Semua orang pasti akan sangat kesal jika komputernya lemot atau lambat. Karena jika komputer lemot, semua pekerjaan yang harus kita selesaikan dengan cepat jadi terbengkalai dan tentunya kita akan di rugikan. Mana ada orang yang rugi bahagia, pasti semuanya yang merasa dirugikan akan kesal.



    Mungkin banyak orang yang sudah mengalami hal ini, dan tidak terkecuali anda yang berkunjung ke postingan ini. Pastinya anda yang berkunjung ke postingan saya kali ini komputer-nya lemot juga bukan?.



    Kebanyakan orang kalau sudah komputernya lambat, pasti akan membawa ke tukang service atau teman yang paham tentang komputer dan bahkan yang lebih parahnya lagi ada yang langsung install ulang OS pada laptop/komputernya, padahal sering install ulang itu banyak sekali dampaknya, kalau nggak percaya silahkan baca postingan saya yang kemarin Dampak Sering Install Ulang Laptop/PC .



    Nah, kalau dibawa ke tukang service, membutuhkan biaya lagi bukan. Jadi, dari pada anda repot-repot harus mengeluarkan biaya sebaiknya anda baca postingan saya kali ini, yang membahas mengenai Penyebab Komputer Lemot dan tentunya tidak hanya penyebabnya saja yang saya akan tetapi juga Cara Mengatasi Komputer Yang Lemot akan saya bahas disini.




    Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer Lemot



    Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer Lemot



    1. Kecilnya Kapasitas Memory

    Sebelum anda menginstall sistem operasi atau software lain pada komputer anda, sebaiknya anda sesuaikan dengan kapasitas RAM komputer yang anda miliki. Jika anda menggunakan komputer intel pentium 4 dan ingin menggunakan OS windows XP atau aplikasi standar lainnya sebaiknya yang anda harus lakukan adalah meng-upgrade RAM terlebih dahulu minimal hingga 1 GB.


    2. Banyak Aplikasi yang Terinstall

    Kalau yang satu ini pasti anda sudah menyadari, memang aplikasi yang terlalu banyak di install di komputer juga dapat membuat komputer menjadi lemot. Hal ini dikarenakan, aplikasi tersebut juga memakan kapasitas memory yang ada. Jadi, sebaiknya jika banyak program yang terinstall pada komputer anda dan tidak digunakan sebaiknya anda uninstall saja.


    3. Terlalu Banyak Program yang Berjalan Saat Startup

    Poin ketiga ini masih berkaitan dengan poin kedua, karena jika anda menginstall banyak program, maka program tersebut akan berjalan saat proses statup, jadi jika anda sudah meng uninstall program yang tidak penting. Sebaiknya anda juga mematikan startup beberapa program yang tidak diperlukan saat komputer pertama kali di nyalakan.



    Untuk mematikannya cukup mudah, anda hanya perlu menekan lambang windows pada keyboard + R kemudian ketikan msconfig, lalu pergi ke tab startup dan silahkan anda hilangkan tanda centang pada aplikasi yang tidak anda inginkan berjalan pada saat starup.


    4. Temporary File Membengkak

    Temporary File Membengkak ini akan memakan ruangan pada memory. Jadi, cara ampuh untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan disk clean up. Jika anda belum tahu caranya silahkan baca postingan saya yang ini Cara Defrag Dan Cleanup Harddisk Di Windows 7.



    5. Terlalu Banyak Menginstall Prorgam Security

    Terlalu banyak menginstall program security atau antivirus juga dapat meperlambat kinerja komputer, karena program security ini akan selalu berjalan untuk menjaga komputer dari virus. Jadi, sebaiknya instal 1 atau maksimal 2 antivirus saja. Karena yang terpenting bukan banyaknya antivirus yang di install melainkan update-nya antivirus yang digunakan. Jadi, jika antivirus yang anda gunakan sudah di update maka kemungkinan akan terjangkit virus akan sangat kecil.



    6. Masalah yang Terjadi Pada Hardisk

    Selain RAM, penyebab komputer menjadi lelet bisa juga disebabkan oleh hardisk. Biasanya komputer yang lambat disebabkan oleh rusaknya hardisk komputer, misalnya


    • Rpm hardisk menurun karena sudah terlalu lama

    • Bad sector pada hardisk

    • Terjadi fragmentasi pada hardisk

    • Low space hardisk 

    Jika komputer kambaat karena masalah hardisk, berikut cara mengatasinya


    • Gunakan Too checkdisk untuk memperbaiki kerusakan pada hardisk

    • Lakuakan defrag dan cleanup hardisk secara rutin

    • Upgrade kapasitas dengan mengganti hardisk

    • Hindari hardisk dari benda magnet, debu, panas dan goncangan berlebihan

    Itulah beberapa penyebab komputer anda menjadi lemot dan cara mengatasinya. Semoga dengan ini dapat membantu sedikit atau bahkan banyak, sehingga komputer anda yang lemot menjadi lebih ringan lagi saat digunakan.



    ARTIKEL TERBARU:

    ARTIKEL LAINYA:

      Direkomendasikan