Pengertian dan Mata Kuliah Agroteknologi

Pengertian dan Mata Kuliah Agroteknologi
Pengertian dan Mata Kuliah Agroteknologi
Pada Program Studi Mata Kuliah Agroteknologi Fakultas Pertanian (Faperta) di Indonesia, mahasiswa akan mempelajari ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan tanaman (genetika, fisiologi, pemuliaan, perbenihan, produksi tanaman, dll), lahan dan media tanam (evaluasi lahan, kesuburan dan nutrisi tanaman, pemupukan, mikrobiologi,  dll), faktor lingkungan (hama-penyakit dan gulma, agroeksosistem/ekologi, dll), serta ilmu-ilmu pendukung lainnya seperti bioteknologi, kewirausahaan, etika bisnis, dan manajemen yang saat ini berkembang guna peningkatan efisiensi dalam produksi tanaman untuk mengatasi beragam permasalahan dalam bidang pertanian-pangan-hortikultura, perbenihan dan perkebunan. dan lebih jelasnya, kita harus tahu dahulu yang dimaksud agroteknologi.






Apa itu agroteknologi?

Secara singkat Agroteknologi berasal dari dua kata yaitu agro dan teknologi. Nah, Agro berasal dari agronomi yaitu ilmu yang mempelajari gejala atau fenomena dalam hubungannya dengan pertanian atau teori serta praktek dalam pengelolaan tanah serta produksi tanaman. Sedangkan teknologi berkaitan erat dengan sains serta perekayasaan. Sains mengacu pada pemahaman kita tentang dunia nyata sekitar kita, artinya mengenai ciri-ciri dasar pada dimensi ruang, tentang materi serta energi dalam interaksinya satu terhadap lainnya. Perlu dipahami bahwa teknologi yang dimaksud di sini itu bukan teknologi berupa mesin-mesin pengolahan hasil pertanian, atau hubungannya dengan teknik pertanian, jadi dalam jurusan agroteknologi kita tidak akan mempelajari bagaimana cara merakit mesin untuk keperluan pertanian.

Ok, lanjut ke pembahasan Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian (Faperta) mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan metode pembelajaran berpusat pada mahasiswa (student-centred learning/SCL) guna memberikan bekal kompetensi hard- dan soft-skills. Dengan metode pembelajaran ini mahasiswa secara aktif dan mandiri menggali potensi dirinya sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis, mencari alternatif pemecahan masalah terkait dan mencapai kompetensi yang diharapkan untuk dunia kerja/industri (wirausahawan, industri benih, pupuk, pestisida, agro-chemicals, Perguruan Tinggi, Kementerian Pertanian/Kehutanan/Lingkungan Hidup, instansi pemerintah lainnya, pemerintah pusat dan daerah/pemda, dll), masyarakat dan bangsa.

Kekhasan yang dimiliki Program studi Agroteknologi Faperta adalah penguatan kompetensi mahasiswa/lulusan dalam bidang perbenihan tanaman yang terintegrasi dari proses hulu sampai hilir dan penguatan pada kompetensi aspek pertanian berkelanjutan (pertanian ramah lingkungan). Gelar yang diperoleh oleh para lulusan adalah Sarjana Pertanian (S.P.).

Prospek Kerja:

Lulusan Program Studi Agroteknologi Faperta dapat bekerja di dan sebagai:

1. Wirausahawan atau pelaku bisnis pada komoditas perkebunan, pangan, hortikultura, dan atau kehutanan.

2. Perkebunan-perkebunan baik pemerintah dan swasta

3. Wirausahawan atau pelaku bisnis pada bidang perbenihan, pupuk, pestisida, sarana produksi pertanian lainnya, usaha industri rumah tangga berbasis pangan, dll.

4. Industri perbenihan, pupuk, pestisida, agro-chemicals nasional dan multinasional.

5. Lembaga pembiayaan seperti bank-bank pemerintah dan swasta.

6. Pemerintahan Daerah (Pemda) provinsi dan kabupaten dengan dinas-dinas teknisnya.

7. Kementerian pada pemerintah pusat dan berbagai badan dan pusat/balai penelitiannya (Penelitian dan Pengembangan/Litbang).

8. Akademisi dan peneliti di perguruan tinggi ataupun lembaga riset (pemerintah ataupun swasta).

9. Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional

10. Konsultan profesional di sektor pertanian/perkebunan/lingkungan hidup.

11. Industri pangan, pakan, farmaka dan bioenergi.

12. Badan Pertanahan Nasional (BPN).

13. Fasilitator pemberdaya masyarakat (LSM) dalam bidang agribisnis/pertanian


Sumber: http://www.unpad.ac.id/fakultas/pertanian/agroteknologi/

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan

    Download Aplikasi Al-Qur’an dan terjemahan Indonesia Untuk Hp Android Gratis

    Download Aplikasi Al-Qur’an dan terjemahan Indonesia Untuk Hp Android Gratis – Setelah sebelumnya kami ulas aplikasi android panduan Shalat, kali ini Lintas Teknologi ingin mengulas Aplikasi Al-Qur’an terbaik lengkap dengan terjemahan Bahassa Indonesia. Karena semakin majunya jaman teknologi mengharuskan anda harus mengikuti perkembangan teknologi tersebut, salah satunya memanfaatkan Al-Qur’an yang terdapat di Smartphone Android.


    Anda dapat mendownload Aplikasi Al-qur'an. Dan untuk Android anda bisa mendownload link dibawah ini:









    Sudah saatnya kita memanfaatkan dunia digital untuk kebutuhan yang positif. Karena bisa jadi sisi negatif dari perkembangan teknologi juga mengancam bagi kemajuan moral masyarakat kita. Oleh karenanya anda yang telah dewasa dan mengetahui sisi positif internet juga memanfaatkan IT untuk kebutuhan yang positif.Aplikasi Android semakin banyak dan menarik untuk dimiliki, mulai dari aplikasi hadist shohih hingga aplikasi Al-Qur’an android ini. Namun anda harus jeli dalam memilih berbagai aplikasi yang ada di Android untuk berbagai merek hp samsung, asus, oppo, xiaomi dan nokia. Karena jangan sampai aplikasi yang anda instal justru membuat lambat kinerja Smartphone yang kamu miliki.

    Aplikasi Al-Qur’an dan terjemah Indonesia adalah aplikasi digital untuk dapat membaca Qur’an dengan fasih melalui Handphone atau pc komputer tanpa memerlukan mushaf Qur’an yang ditulis tangan. Karena sejatinya membaca Al-Qur’an itu bisa menggunakan media apa saja yang penting niatnya.Itulah beberapa link download yang ada di google play store yang bisa anda download secara gratis melalui hp android anda. Semoga Download Aplikasi Al-Qur’an Indonesia Android Gratis ini bisa membantu anda dalam menjalankan ibadah membaca Qur’an beserta maknanya dan menjadi tambahan pahala Anda.
    Tag : aplikasi al quran, aplikasi alquran, download al quran dan terjemahannya untuk hp, download aplikasi al quran, download aplikasi al quran dan terjemahan untuk hp, download alquran terjemahan untuk hp, download aplikasi alquran, download al quran indonesia

    ARTIKEL TERBARU:

    ARTIKEL LAINYA:

      Direkomendasikan

      Download Kumpulan Dongeng dan Cerita Anak Bergambar disini

      Perhatikan! Untuk cara Download:

      A. Pilihlah file yang ingin di download lalu klik
      B. Tunggu hingga 5 - 10 detik lalu klik skip ad


       
      Kumpulan cerita dongeng anak-anak
      Buku buku Cerita anak Bergambar
      Kumpulan Buku Islami Cerita Anak

      Cerita Dongeng Sebelum Tidur Kisah 1001 Malam
      Cerita Kancil dan Buaya Singkat
      cerita anak bergambar
      Buku Cerita anak Bergambar
      Ebook dongeng anak bergambar
      Dongeng Kerbau dan Monyet Licik
      Dongeng Anak Rajin dan Pohon Pengetahuan

      Dongeng merupakan bentuk sastra lama yang bercerita tentang suatu kejadian yang luar biasa yang penuh khayalan (fiksi) yang dianggap oleh masyarakat suatu hal yang tidak benar-benar terjadi. Dongeng merupakan bentuk cerita tradisional atau cerita yang disampaikan secara turun-temurun dari nenek moyang. Dongeng berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral (mendidik), dan juga menghibur.

      Struktur Dongeng
      Dongeng biasanya terbagi menjadi tiga bagian yaitu pendahuluan, peristiwa atau isi dan penutup. Pendahuluan merupakan kalimat pengantar untuk memulai dongeng. Peristiwa atau isi merupakan bentuk kejadian-kejadian yang disusun besarkan urutan waktu. Penutup merupakan akhir dari bagan cerita yang dibuat untuk mengakhiri cerita, kalimat penutup yang sering digunakan dalam dongeng,misalnya mereka hidup bahagia selamanya.

      Ciri khas Dongeng
      Dongeng biasanya diceritakan dengan alur yang sederhana. Penulisan dongeng ditulis dalam alur cerita yang singkat dan bergerak cepat. Saat menceritakan atau menulis dongeng biasanya karakter tokoh tidak diceritakan secara rinci. Dongeng biasanya ditulis seperti gaya penceritaan secara lisan. Serta pendahuluan dalam cerita sangat singkat dan lansung pada topik yang ingin diceritakan.

      Jenis-jenis Dongeng
      Dongeng dapat dibedakan menjadi tujuh jenis, yaitu mite, sage, fabel, legenda, cerita jenaka, cerita pelipur lara dan cerita perumpamaan. Mite merupakan bentuk dongeng yang menceritakan hal-hal gaib seperti cerita tentang dewa, peri ataupun Tuhan. Sage merupakan cerita dongeng tentang kepahlawanan, keperkasaan, atau kesaktian seperti cerita dongeng kesaktian Patih Gajah Mada. Fabel merupakan dongeng tentang binatang yang bisa berbicara atau bertingkah laku seperti manusia.Legenda merupakan bentuk dongeng yang menceritakan tentang suatu pristiwa mengenai asal usul suatu benda atau pun tempat. Cerita jenaka merupakan cerita yang berkembang dalam masyarakat yang bersifat komedi serta dapat membangkitkan tawa contoh Cerita Pak Belalang. Cerita pelipur lara biasanya merupakan bentuk cerita yang bertujuan untuk menghibur para tamu dalam suatu perjamuan dan diceritakan oleh seorang ahli cerita seperti wayang yang diceritakan oleh seorang dalang. Cerita perumpamaan merupakan bentuk dongeng yang mengandung kiasan/ibarat nasihat-nasihat, yang bersifat mendidik contoh seorang Haji pelit. Cerita daerah ialah cerita yang tumbuh dan berkembang di suatu daerah.

      Unsur-unsur intrinsik dongeng biasanya mengandung lima unsur intrinsik yaitu tema, alur, penokohan, latar, amanat. Tema merupakan ide pokok dari cerita dan merupakan patokan untuk membagun suatu cerita. Alur merupakan jalan cerita yang diurutkan besarkan sebab-akibat atau pun besarkan urutan waktu. Penokohan merupakan proses penampilan tokoh dengan pemberian watak, dan sifat. Latar merupakan salah satu unsur pembentuk cerita yang menunjukana di mana, dan kapan rangkaian-rangkaian cerita itu terjadi. Amanat merupakan pesan yang ingin disampaikan pengerang kepada pembaca melalui cerita yang dibuatnya.

      dongeng pendek
      dongeng anak bergambar
      dongeng rakyat
      dongeng lucu
      dongeng binatang
      dongeng kancil
      dongeng kancil dan buaya


      Sumber: Wikipedia.com

      ARTIKEL TERBARU:

      ARTIKEL LAINYA:

        Direkomendasikan